Desa Kami

Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. Penyuluhan Visi Desa Rawakalong ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melalui penelusuran wilayah (Transek) analisis potensi, peluang dan hambatan yang ada atau mungkin timbul melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan di Desa Rawakalong seperti Pemerintah desa, LPM, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Lembaga masyarakat Desa dan masyarakat Desa pada umumnya. Dan melalui hasil musyawarah ditingkat Desa berdasarkan pertimbangan diatas sepakat menetapkan Visi Desa Rawakalong adalah :

“ Membangun Desa Rawakalong yang Beriman, Taqwa, Berbudaya, Berdaya Guna Menuju Masyarakat yang Sejahtera “

Misi

Selain menyusun Visi juga telah ditetapkan Misi – misi yang memuat suatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya  Visi Desa tersebut. Visi berada diatas Misi.Pernyataan Visi kemudian dijabarkan kedalam Misi agar dapat dioperasionalkan/dikerjakan. Sebagaimana penyusunan Visi, Misipun dalam penyusunan menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensial dan kebutuhan Desa Rawakalong sebagaimana proses yang dilakukan maka Misi Desa Rawakalong adalah :

  1. Mewujudkan pembangunan disegala bidang dengan landasan Iman dan Taqwa
  2. Membudayakan gotongroyong sebagai sarana untuk meningkatkan pembangunan yang berdaya guna
  3. Meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat yang profesional, prima, cepat, tepat dan transparan
  4. Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan Pemerintahan, pembangunan dan ekonomi untuk menuju masyarakat yang sejahtera
  5. Meningkatkan sumber daya manusia yang handal, terampil, mandiri, beriman dan taqwa
  6. Mewujudkan layanan informasi kepada masyarakat.